visitasi Bumdes Berkah Mulyo Desa Cangak Ke Bumdes Maju Sejahtera Desa Botekan tentang Pengelolaan Sampah

visitasi ke BUMDes Maju Sejahtera

visitasi ke BUMDes Maju Sejahtera

kamis (7/11/19) BUMDes Maju Sejahtera Desa Botekan mendapat kunjungan tamu dari BUMDes Berkah Mulyo Desa Cangak Kecamatan Bodeh untuk study pengelolaan sampah Desa Botekan yang telah berhasil menghilangkan sampah di desanya. Acara tersebut dihadiri oleh peserta visitasi yaitu pengelola dan anggota BUMDes Berkah Mulyo Desa Cangak, Kepala Desa Desa Cangak dan perangkatnya, kepala desa Botekan dan perangkatnya, PMD Kecamatan Ulujami, Direktur Bumdes Bersama Kecamatan Ulujami, pengelola dan anggota BUMDes Maju Sejahtera Desa Botekan, serta tim sampah Desa Botekan.

Rangkaian susunan acara visitasi pengelolaan sampah yaitu dimulai dengan pembukaan, kemudian sambutan dari kepala Desa Botekan Bapak Trisnanto, paparan mengenai BUMDes Desa Botekan dan program pengelolaan sampah kemudian dilanjutkan dengan kegiatan berkunjung ke tempat pengelolaan sampah mulai dari pengambilan, pemisahan sampah, yang terakhir pembakaran sampah yang tidak berguna. Para perserta tampak antusias mengikuti kegiatan visitasi pengelolaan sampah tersebut.

Salah satu program unggulan BUMDes Maju Sejahtera Desa Botekan yaitu pada usaha pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah di Desa Botekan dilakukan oleh Tim sampah yang diambil dari anggota karang taruna Desa Botekan. Tim sampah terdiri dari 9 orang dan semuanya adalah laki-laki.

Prinsip pengeloaan sampah yang diterapkan di Desa Botekan yaitu menghilangkan sampah dan bukan hanya memindahkan sampah dari satu tempat ke tempat yang lain. Cara pengelolaan sampah di Desa Botekan yaitu dengan cara membakar sampah yang tidak laku jual di tempat pembakaran sampah desa yang jauh dari pemukiman warga, kemudian menjual sampah laku jual ke tukang rongsok. Langkah kerja pengelolaan sampah dengan tahapan pengambilan sampah ke rumah warga, kemudian dilanjutkan pada pemilahan sampah, selanjutnya sampah yang bisa dijual rongsok dipisahkan, sedangkan sampah yang tidak laku jual dikeringkan kemudian di bakar di tempat pembakaran sampah desa.

Tidak ada gading yang tidak retak, sekalipun Desa Botekan telah mampu menghilangkan sampah  dengan cara pembakaran sampah di tempat pembakaran sampah  yang jauh dari pemukiman warga dan dengan  cara pemisahan sampah laku jual untuk dijual ke tukang rongsok,  namun Desa Botekan masih terus berinovasi agar dapat mengelola sampah menjadi lebih baik, keuntungan menjadi lebih besar dan tidak menyebabkan polusi udara. Karena dari proses pembakaran sampah menghasilkan asap tebal yang mencemari udara.

IMG-20191107-WA0012

tempat pembakaran sampah desa

tempat pembakaran sampah desa

Pengelolaan sampah di desa Botekan menjadi peluang usaha yang menjanjikan jika digeluti dengan telaten. Hasil yang didapat pada pengelolaan sampah di Desa Botekan mencapai 8 juta sampai 9 juta tiap bulan. Hasil tersebut diperoleh dari pembayaran uang sampah dari masyarakat yang mempercayakan sampah sampahnya di kelola oleh tim sampah Desa Botekan serta dari penjualan sampah laku jual ke tuakang rongsok.

Sudah ada 550 rumah yang mempercayakan sampah sampahnya untuk dikelola oleh tim sampah Desa Botekan. Tiap rumah harus membayar 15.000 per bulan untuk jasa pembuangan sampah tersebut.  Sehingga program pengelolaan sampah di Desa Botekan dapat menjadi usaha yang menghasilkan bagi para pekerjanya.

ARTIKEL BY SRI MULYATI ADMIN IT/KASI KESEJAHTERAAN

peserta visitasi

peserta visitasi

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *