Door to Door Sebagai Upaya mendukung program PKH dan BPNT Tepat Sasaran

Door to Door sebagai upaya pendekatan persuasif bagi warga yang tidak layak menerima PKH dan BPNT

door to door ke rumah warga untuk memberikan pendekatan persuasif kepada warga yang telah mandiri agar bersedia mundur dari program PKH dan BPNT

PKH dan BPNT merupakan program bantuan dari dinas sosial untuk meringankan beban kebutuhan ekonomi mayarakat. Bantuan ini bertujuan agar warga merasa terbantu dari segi ekonominya sehingga lambat laun warga tersebut dapat menyisihkan penghasilannya kemudian bertumbuh, dapat mandiri, dan bangkit dari kemiskinan.

PKH DAN BPNT adalah program dari dinas sosial yang bekerja sama dengan desa. Tugas desa adalah menginput data calon penerima PKH dan BPNT dalam BDT secara online. Kemudian dinas sosial lah yang menentukan siapa penerima PKH dan BPNT

Namun permasalahannya banyak penerima PKH dan BPNT yang tidak tepat sasaran. Selain itu, banyak pula keluarga yang telah menerima bantuan PKH dan BPNT dari 20011-2019 (9 thn) dan telah dinyatakan mampu dan mandiri namun enggan melepaskan bantuan PKH dan BPNT.

Maka solusi yang dilakukan desa untuk mendukung program PKH dan BPNT tepat sasaran adalah dengan melakukan door to door. Kegiatan door to door dilakukan oleh pendamping PKH Desa Botekan Khotijah dan Kasi Kesejahteraan Desa Botekan Sri Mulyati. Kegiatan door to door bertujuan untuk memberikan pendekatan persuasif kepada masyarakat agar masyarakat sadar bahwa bantuan PKH dan BPNT adalah bantuan untuk keluarga miskin  dan sangat miskin. Serta menyadarkan masyarakat bahwa mendapat bantuan PKH dan BPNT bukanlah suatu kebanggaan, dan jika telah merasa mandiri maka PKH dan BPNT bukanlah haknya lagi. Kegaitan door to door bersifat pendekatan persuasif agar masyarakat yang telah mandiri sadar bukan bersifat paksaan kepada masyarakat.

Selain itu kegiatan door to door juga untuk mensosialisasikan program pemerintah Kabupaten Pemalang yaitu program pengecetan rumah penerima PKH dan BPNT.  Yang berbunyi: keluarga sangat miskin/ miskin penerima bantuan PKH/BPNT. Ya Allah sejahterakan saudara kami ini, jika mereka berpura-pura miskin maka azabmu benar-benar pedih.

Kegiatan door to door tersebut sekaligus untuk konfirmasi Apakah warga tersebut mau jika rumahnya di cat dengan tulisan yang telah ditentukan. Atau memilih mundur karena merasa cat tersebut tidak sesuai dengan keadaannya.

Hasil dari kegiatan door to door berhasil menyadarkan 90 KK yang telah mandiri maupun yang tidak layak menerima bantuan PKH dan BPNT  untuk menandatangani pernyataan keluar dari program PKH dan BPNT.

artikel: SRI MULYATI (ADMIN IT DESA)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *